Slide 1 - Jasa Pembuatan Aplikasi
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi
Slide 2 - Jasa Pembuatan Website
Digital Oasis Jasa Pembuatan Website
Slide 3 - Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Slide 4 - Jasa Pembuatan Aplikasi Desktop
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Dekstop
previous arrow
next arrow

Home » artikel » Harga Pembuatan Website dan Aplikasi Android Terbaru

Harga Pembuatan Website dan Aplikasi Android Terbaru

4.8/5 - (50 votes)

Saat ini hampir setiap usaha dalam berbagai skala memanfaatkan digital marketing untuk pemasaran. Biasanya mereka akan membuat website sebagai katalog digital dan aplikasi supaya memudahkan pelanggan. Nah, kali ini kita akan membahas aspek yang memengaruhi harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru.

Bagaimana pun juga, setiap anggaran dalam usaha harus jelas perhitungannya. Estimasi budget terlalu kecil memungkinkan hasil website maupun aplikasi Android tidak maksimal. Sementara jika buffer anggaran terlalu besar, akan terjadi pembengkakan pengeluaran.

Jadi, pahami aspek yang memengaruhi harga pembuatan website dan aplikasi Android. Mengapa Android, karena saat ini platform Android yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Oleh karena itu, aplikasi Android terbaru bisa menjadi pilihan terbaik para pebisnis untuk mengkonversi website usahanya.

Hal-hal yang Memengaruhi Harga Pembuatan Website dan Aplikasi Android Terbaru

yang mempengaruhi pembuatan app android

Harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta. Hal itu tergantung pada fitur yang akan disediakan, desain tampilan dan juga kerumitan sistemnya.

Berikut ini penjelasan mengenai apa saja yang bisa memengaruhi tinggi rendah harga pembuatan website maupun aplikasi Android. Di mana beberapa poin ini, bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika membuat estimasi anggaran pembuatan aplikasi Android dan juga website untuk usaha Anda.

Faktor yang Memengaruhi Harga Pembuatan Website

Pada umumnya, dalam sebuah bisnis atau usaha website digunakan sebagai katalog digital. Soal harga atau budget untuk pembuatannya mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Ini tergantung pada fitur yang ingin ditampilkan atau digunakan. Beberapa bisnis cukup dengan fitur dasar, tetapi ada yang butuh fitur lebih detail.

Nah, apabila saat membuat anggaran pembuatan website Anda merasa biayanya terlalu besar, bisa jadi karena kurangnya sumber daya yang ada atau estimasi Anda yang terlampau tinggi. Supaya estimasi lebih efektif, Anda bisa jadikan beberapa poin atau faktor di bawah ini sebagai bahan pertimbangan estimasi biaya pembuatan website.

1. Fitur Utama

Fitur utama dalam website meliputi hosting, nama domain, dan juga sertifikat SSL. Di mana hosting merupakan server yang bisa Anda sewa untuk menyimpan situs web.

Sememtara nama domain, yaitu alamat website seperti misalnya nanana.com, nanana.org, dan lain sebagainya. Sertifikat SSL untuk menjaga data situs lebih aman.

2. Desain

Selanjutnya, faktor yang juga memengaruhi tinggi rendah biaya pembuatan website adalah desain tampilan yang ingin Anda hadirkan dalam website tersebut. Desain harus dibuat semenarik mungkin, tetapi tetap user friendly. Faktor yang satu ini akan sangat berpengaruh pada experience pengunjung situs Anda.

Jadi, usahakan untuk memilih desainer website yang profesional, dan memilih template maupun tema yang akan digunakan dengan cermat. Selain agar biaya tidak membengkak, juga agar tampilan situs web Anda menarik dan membuat pengunjung betah.

Semakin rumit desainnya, maka pasti semakin mahal juga harganya. Namun, karena website tidak sekompleks aplikasi Android biayanya juga tidak semahal desain pada aplikasi. Jadi, harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru jelas berbeda.

3. Fitur e-Commerce

Pada bisnis penjualan barang, biasanya situs web akan didukung dengan fitur-fitur fungsional e-commerce. Sebut saja seperti metode pembayaran, manajemen stok, opsi pengiriman, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan penjualan juga distribusi. Website dengan fitur seperti ini, jelas lebih mahal biaya pembuatannya.

Selain sebagai penunjang berjalannya bisnis Anda, fitur-fitur tersebut harus akurat serta mampu meningkatkan kepuasan pelanggan karena kemudahannya. Oleh karena itu terbilang rumit, sehingga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harga pembuatan situs web lebih mahal dibandingkan website dengan fitur dasar saja.

4. SEO dan Marketing

Website yang ditujukan sebagai katalog digital, maka Anda akan memperkenalkan bisnis beserta produk melalui website tersebut. Dengan begitu, Anda pasti ini website berada di laman pertama mesin pencarian Google. Caranya sudah pasti dengan trik SEO dan juga digital marketing yang jitu.

Jadi, Anda harus menganggarkan dana untuk pembelian tools yang tepat atau penggunaan jasa SEO dan digital marketing profesional. Apabila Anda memilih menggunakan strategi SEO yang rumit berikut dengan multi channel marketing, maka dana yang harus dianggarkan tentu lebih besar.

5. Add-on dan Plugin

Faktor lain yang bisa membuat harga pembuatan website jadi lebih mahal ialah add-on dan juga plug in. Meskipun begitu, kedua fitur ini memberikan manfaat yang sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Dengan adanya dua fitur tersebut, fungsi website akan jauh lebih efektif dan juga optimal.

6. Maintenance

Mengoperasikan website agar bisa online dengan lancar dan berfungsi sebagaimana harapan Anda dalam menunjang bisnis, tidak bisa dilakukan hanya dalam sekali proses saja. Anda memerlukan tools untuk pemeliharaan atau maintenance otomatis. Ada yang gratis, tetapi tentu tidak semaksimal yang berbayar hasilnya.

Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan jasa profesional khusus maintenance dan lakukan proses tersebut secara berkala. Namun, biayanya sudah pasti lebih mahal, ya!

2. Faktor yang Memengaruhi Harga Pembuatan Aplikasi Android Terbaru

Jika tadi kita sudah membahas faktor apa saja yang bisa memengaruhi mahal-murahnya biaya pembuatan website, kini kita akan membahas biaya pembuatan aplikasi Android dan faktor yang memengaruhinya. Oleh karena lebih detail dan rumit dari website, maka biaya pembuatan aplikasi lebih tinggi dari membuat situs web.

Harga normal pembuatan aplikasi Android mulai dari jutaan sampai dengan ratusan juta. Tergantung pada konten, kompleksitas fitur, dan juga elemen yang ingin dihadirkan. Rumus penghitungan biaya membuat aplikasi umumnya yaitu jumlah personil yang mengerjakan dikalikan lamanya waktu pembuatan.

Rumus tersebut menjadi dasar perhitungan biaya membuat aplikasi Android. Jadi, makin banyak fitur serra elemen yang ingin Anda hadirkan dalam aplikasi, maka memerlukan personil serta biaya yang lebih tinggi. Selain itu, ada lagi beberapa hal yang juga memengaruhi tinggi rendahnya biaya untuk membuat aplikasi, seperti:

1. Konten

Harga pembuatan aplikasi bisa berdasarkan konten yang dihadirkan guna mewakili dan menjalankan bisnis Anda. Sebagai contoh, konten berisi game biayanya antara 10 juta-1 miliar. Sementara aplikasi dengan konten keranjang belanja 5-150 juta, untuk konten katalog, biayanya sekitar 20-70 juta.

2. Desain dan Dokumentasi

Tidak hanya pada pembuatan situs web, dalam pembuatan aplikasi Android desain juga berpengaruh pada biaya. Harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru akan makin tinggi ketika desain yang Anda inginkan cukup rumit dan detail.

3. Biaya Pengembangan dan Pemeliharaan

Biaya ini dalam pembuatan aplikasi antara lain meliputi keamanan berbasis SSL, dua faktor otentikasi, proteksi DOS, analisis dan review admin, serta maintenance.

Pembuatan aplikasi Android ini 50% di antaranya berisi kode-kode perintah, sementara 40% untuk pengembangan dan sisanya untuk detail lainnya. Dalam proses pengembangan, memerlukan waktu yang cukup lama. Tidak jarang terjadi trial and error untuk hasil yang sesuai keinginan Anda.

Itulah mengapa proses pembuatan aplikasi bisa memakan waktu 1,5-6 bulan. Tidak sesingkat membuat website karena ada banyak percobaan dan pengecekan yang harus dilakukan. Dengan demikian, potensi pembengkakan biaya juga lebih besar. Apalagi jika sebelumnya Anda sama sekali tidak berkonsultasi mengenai konsep aplikasi tersebut.

Jadi, sempatkan untuk berkonsultasi dengan penyedia jasa pembuatan aplikasi profesional sebelum memulai pembuatan aplikasi Android. Sampaikan rencana dan konsep yang Anda inginkan, agar dapat dibuat estimasi biaya dan Anda bisa mempersiapkan anggaran tanpa takut membengkak di kemudian hari.

4. Biaya Tambahan

Pada saat Anda membuat aplikasi Android dasar, biasanya akan memerlukan optimasi SEO. Selain itu juga bagi sebagian orang akan meminta pengubahan nama server berikut dengan pengaturannya, juga pengaktifan SSL. Biaya awal kurang lebih berada di kisaran 1 jutaan per tahun dan akan lebih murah di tahun berikutnya.

Di samping itu, Anda juga harus mempersiapkan anggaran untuk server khusus dan upload aplikasi ke Google Play. Hal ini bisa Anda masukkan dalam estimasi anggaran pembuatan aplikasi Android agar tidak ada kekurangan budget yang membuat fungsi aplikasi tidak optimal.

Selain beberapa faktor di atas, sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi besar kecil biaya pembuatan aplikasi. Di antaranya seperti desain UX/UI, of platform and pages, dan beberapa faktor lain yang lebih dimengerti oleh programer maupun app developer.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru dasar sebenarnya cukup terjangkau. Mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Namun kompleksitas situs maupun aplikasi, serta fitur dan juga konten di dalamnya bisa memengaruhi harga menjadi lebih tinggi.

Khusus pada pembuatan website, tinggi rendah biaya lebih banyak dipengaruhi oleh rumit tidaknya desain dan banyaknya fitur yang disematkan.

Sementara pada pembuatan aplikasi Android, selain kompleksitas, kategori aplikasi, fitur pendukung dan juga keamanannya, banyaknya sumber daya yang mengerjakan dan lama pengerjaan juga bisa memengaruhi harga.

Sedangkan pengerjaan aplikasi sendiri bisa sampai setengah tahun. Berbeda dengan website yang bisa selesai dalam 2 bulan.

Baik website maupun aplikasi Android, sama-sama memberi manfaat yang menguntungkan bagi bisnis saat ini. Namun jika ingin usaha Anda bisa bertahan di tengah persaingan, mengkonversi website ke aplikasi bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini berdasarkan pada penggunaan ponsel yang terus meningkat dan fitur smartphone yang kian canggih. Namun bukan berarti Anda sudah tidak memerlukan website lagi, tetap fungsikan situs sebagai katalog digital yang menjadi media promosi.

Sementara aplikasi Android, menjadi tempat transaksi yang memudahkan pelanggan.
Semoga ulasan dan penjelasan mengenai beberapa faktor yang memengaruhi harga pembuatan website dan aplikasi Android terbaru ini bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Jadikan poin-poin di atas sebagai pertimbangan dalam menyiapkan anggaran dalam proses digitalisasi usaha Anda.

Selain kualitas produk, strategi marketing dan mengikuti perkembangan jaman yang sesuai dengan pola perilaku masyarakat saat ini juga bisa membantu bisnis Anda bertahan di tengah persaingan. Digital marketing dan juga mobile application, menjadi strategi bisnis yang jitu dalam menggaet pelanggan untuk menjadi loyal customer.

Leave a Comment