Slide 1 - Jasa Pembuatan Aplikasi
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi
Slide 2 - Jasa Pembuatan Website
Digital Oasis Jasa Pembuatan Website
Slide 3 - Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Slide 4 - Jasa Pembuatan Aplikasi Desktop
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Dekstop
previous arrow
next arrow

Home » artikel » Harga Pembuatan Aplikasi Mobile Murah, Cek di sini

Harga Pembuatan Aplikasi Mobile Murah, Cek di sini

4.9/5 - (61 votes)

Benarkah harga jasa buat aplikasi murah? Padahal dengan tampilannya yang canggih dan fitur lengkap sebuah aplikasi terlihat bukan produk yang murah. Tenang saja saat ini banyak jasa yang menawarkan pembuatan aplikasi dengan biaya terjangkau.

Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu tahu mana jasa yang menawarkan harga murah tapi berkualitas. Mengetahui harga standar menjadi langkah awal Anda dalam menentukan jasa tersebut. Bagaimana perkiraan harganya dan apa yang mempengaruhi biaya tersebut bisa Anda cek terlebih dahulu.

Perkiraan Harga Jasa Buat Aplikasi Murah

segini perkiraan harga aplikasi mobile

Meningkatnya pengguna internet memberikan buah yang manis bagi pebisnis. Hanya saja supaya bisa bertahan para pebisnis harus bisa bersaing dengan kompetitor. Salah satunya adalah membuat aplikasi yang mempermudah akses konsumen.

Hampir semua lini bisnis memanfaatkan pembuatan aplikasi sebagai media pelayanan atau akses penjualan. Harga jasa buat aplikasi murah memudahkan pebisnis untuk bisa memiliki aplikasi dalam bisnis mereka.

Lalu berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan? berikut ini beberapa daftar harga yang bisa diperhatikan.

1. Aplikasi untuk Belanja atau Marketplace

Aplikasi jenis ini paling disukai konsumen karena mereka bisa berbelanja di satu platform dan menemukan banyak barang. Selain itu bagi perusahaan, aplikasi ini memudahkan dalam sistem pemesanan.

Tidak perlu lagi mencatat semuanya secara manual dan bisa mengecek melalui sistem. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan aplikasi seperti ini mulai dari 5 juta rupiah. Semakin mahal biasanya fitur lebih lengkap.

2. Aplikasi Berupa Katalog

Aplikasi jenis ini paling populer bagi UMKM yang bertujuan untuk branding. Di dalamnya terdapat informasi produk secara lengkap yang memudahkan konsumen untuk tahu soal bisnis tersebut.

Bedanya di aplikasi ini konsumen tidak bisa melakukan transaksi. Oleh karena itu di dalam aplikasi perlu dicantumkan kontak bisnis yang bisa dihubungi. Harga pembuatan aplikasi katalog ini mulai dari 20 juta rupiah.

3. Aplikasi Panggilan atau Pesan Chatting

Lebih canggih lagi adalah aplikasi panggilan serta pesan chatting. Aplikasi jenis ini bisa digunakan sebagai layanan komunikasi dengan konsumen secara langsung. Mengapa aplikasi ini penting? Supaya bisnis tidak lagi bergantung dengan aplikasi pihak ketiga.

Apalagi jika ingin menjamin keamanan data dari para konsumen, memiliki aplikasi sendiri jauh lebih aman. Biaya pembuatannya bisa dibilang murah untuk bisnis maju yaitu mulai dari 30 juta rupiah.

4. Aplikasi Game

Ada juga harga jasa buat aplikasi murah khusus game yang dimulai dari 10 juta rupiah. Bukan hanya game untuk hiburan tetapi juga game untuk pembelajaran anak-anak.

Banyak sekali jenis game yang bisa dibuat melalui jasa aplikasi. Tinggal Anda tentukan saja konsep yang diinginkan seperti apa.

4 Hal yang Mempengaruhi Harga Jasa Buat Aplikasi

Ada aplikasi yang ditawarkan dengan sangat murah namun ada juga yang mahal. Semua itu berdasarkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Selain itu, tergantung jasa pembuatan aplikasi yang Anda hubungi juga. Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi harga jasa buat aplikasi murah atau mahal.

1. Desain Aplikasi

Baik itu desain tampilan atau sistemnya semua membutuhkan kerja keras para developer. Oleh karena itu desain aplikasi menjadi faktor utama yang menentukan soal harga. Baik itu saat masuk ke bagian pengembangan sampai proses menjadi produk.

Semakin rumit desain yang diinginkan sudah pasti biaya akan semakin mahal. Desain standar adalah langkah yang aman ketika Anda memiliki budget minim. Setidaknya dalam aplikasi menyediakan menu-menu penting sesuai kebutuhan bisnis.

2. Pemrograman

Harga jasa buat aplikasi murah atau tidak juga ditentukan dari pemrogramannya. Pemrograman merupakan apa yang diminta, dilakukan pembagian langkah sampai menjadi urutan yang sistematis. Semakin sulit sistem yang diinginkan Anda maka biaya akan lebih mahal.

Contohnya saja untuk aplikasi chat, sistem keamanan yang terintegrasi dan bisa menghubungkan ke kontak lain butuh biaya mahal. Belum lagi jika ingin aplikasi bisa digunakan untuk video call.

3. Fitur

Ada begitu banyak fitur yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan klien. Misalnya saja pada aplikasi berbasis web, ada fitur tipe UI, pelacakan lokasi, konten buatan pengguna, integrasi perekamanan media sosial dan masih banyak lagi.

Semakin sedikit fitur yang disematkan maka harga pembuatan aplikasi mobile atau jasa buat aplikasi murah. Sebaliknya jika Anda ingin fitur yang banyak maka harga juga lebih tinggi. Contohnya pada aplikasi game yang ringan, biasanya fitur tidak berlebihan sehingga biayanya murah.

4. Waktu Pengerjaan

Waktu juga jadi faktor besar yang memberikan pengaruh. Anda yang ingin membuat aplikasi apik dalam waktu singkat dan fitur lengkap harus berani membayar mahal. karena jasa juga akan menyediakan SDM yang lebih banyak untuk bisa mengejar target.

Proses Pengembangan Aplikasi

Sebagai klien Anda harus tahu tahapan apa saja yang dilakukan pengembang dalam menciptakan sebuah aplikasi. Anda tidak bisa berkata harga pembuatan aplikasi mobile murah atau mahal tanpa mengetahui hal ini.

Mengetahui tahapan ini juga akan membuat Anda lebih mudah ketika berkomunikasi dengan developer.

1. Perencanaan

Merupakan tahapan awal di mana programer akan mengikuti rapat seluruh tim untuk optimalisasi proyek apa yang sudah diterima dari klien. Beberapa klien ada yang sudah menyediakan proposal sehingga mudah untuk langsung dikerjakan.

Namun ada juga proposal yang harus dibuat terlebih dahulu oleh tim kemudian disajikan kepada klien untuk dipilih. Perencanaan inilah yang bertujuan untuk menjelaskan proposal yang masuk atau justru membuatnya.

2. Mengumpulkan Konten

Pada tahapan kedua, seluruh tim sudah mulai bekerja sejak dari rapat perencanan. Tugas masing-masing sudah didapatkan dan mulai bekerja untuk menampilkan konten yang diinginkan. Baik itu konten berupa gambar sampai dengan hak akses ke database.

3. Pembuatan Desain

Konten sudah siap saatnya seluruh tim untuk membuat desain yang meliputi pembuatan layout dari penempatan teks, gambar sampai seluruh alurnya. Selain itu juga membuat desain antarmuka aplikasi yang sedang dikembangkan.

Desain ini harus selesai dan nantinya dicek kembali apakah sudah sesuai dengan proposal awal.

4. Uji Coba

Sebelum ditampilkan kepada klien, aplikasi akan melalui tahapan uji coba terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang dilakukan seperti proses coding, membangun database, beta, alfa sampai final testing. Masing-masing uji coba akan diintegrasikan pada aplikasi.

5. Rilis

Tahapan terakhir aplikasi akan dirilis ke klien yang memesannya. Nantinya jika klien puas tidak akan masuk ke proses revisi. Namun jika ada beberapa kekurangan developer tinggal menyelesaikan revisi saja.

Tipe Aplikasi yang Biasa Kami Buat

tipe aplikasi yang kami buat

Setidaknya ada tiga tipe aplikasi yang biasa disediakan oleh jasa yaitu:

1. Aplikasi Berbasis Web

Pertama adalah aplikasi yang berbasis web di mana aplikasi ini menggunakan pemrograman seperti javascript, html, angular php dan masih banyak lagi. Dalam pembuatannya membutuhkan web server serta browser karena akan diakses melalui web browser ketika tersambung ke internet.

Biaya pembuatan aplikasi berbasis web ini jika dilihat dari standarnya adalah mulai 3 juta rupiah. Selain biaya pembuatan awal Anda juga harus mengeluarkan biaya per bulannya yang sekitar 500 ribu rupiah.

2. Aplikasi Berbasis Mobile

Lebih dikenal dengan sebutan mobile apps dan akan diinstal ke hp iOS atau android. Aplikasi ini cukup bersaing dengan aplikasi berbasis web hanya saja tidak dibutuhkan browser untuk bisa mengaksesnya.

Perangkat yang bisa mengakses mobile apps antara lain tablet, smartwatch, hingga smartphone. Dibutuhkan bahasa pemrograman tertentu dan lebih terkenal karena tampilannya yang cukup menarik dengan fitur sederhana.

Harga pembuatan aplikasi mobile biasanya mulai dari 6 juta rupiah dan biaya per bulan sekitar 1 juta rupiah. Perlu diperhatikan biaya ini supaya Anda tahu berapa pengeluaran untuk bisnis khusus aplikasi.

3. Aplikasi Berbasis Dekstop

Ada juga tipe aplikasi atau yang dikenal dengan software milik desktop. Aplikasi jenis ini bisa dioperasikan tanpa harus terhubung internet layaknya dia tipe aplikasi di atas. Contohnya sendiri tentu sudah sangat banyak seperti software akuntansi.

Ada tiga bahasa pemrograman yang biasanya digunakan yaitu C++, .Net dan juga C#. Biasanya jasa buat aplikasi bisa menggunakan bahasa pemrograman apa saja. Harga pembuatan aplikasi mobile android biasanya lebih murah dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop.

Pasalnya penggunaan program jauh lebih sulit sehingga membutuhkan keahlian khusus. Dibandingkan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi desktop inilah yang pertama kali diciptakan.

Mengenal tipe-tipe aplikasi ini juga bisa menentukan apakah harga jasa buat aplikasi murah atau tidak. Jadi selain jenis, Anda juga harus mempertimbangkan soal tipe aplikasinya.

Tips Memilih Jasa untuk Buat Aplikasi

Setelah mengetahui apakah harga jasa buat aplikasi murah atau mahal Anda bisa lebih mudah untuk memilih. Selain harga ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan sebagai berikut:

1# – Mengecek Portofolio

Cara paling mudah adalah dimulai dari portofolio yang pernah mereka buat. Mengingat aplikasi mudah diakses siapa saja, Anda bisa menanyakan dan membuka aplikasi yang pernah dibuat atau menjadi klien mereka.

Cek apakah aplikasi yang dibuat tersebut memiliki fitur yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sangat mudah untuk mengecek hal ini secara cepat.

2# – Transparan dalam Pengerjaan

Bukan soal harga jasa buat aplikasi murah saja tetapi Anda juga harus mengetahui sisi transparansinya. Jasa setidaknya harus transparan soal plot waktu pengerjaan dan pembagian biayanya.

Khususnya untuk aplikasi berbasis web di mana biaya akan digunakan untuk membayar domain dan juga hosting. Transparansi menjadi faktor kejujuran yang didapatkan dari jasa tersebut.

3. Menyediakan Layanan Pemeliharaan

Harga jasa buat aplikasi murah namun sebaiknya diiringi juga dengan layanan pemeliharaan yang berkelanjutan. Anda mungkin belum memiliki tim khusus yang akan memelihara atau menjalankan aplikasi usai dibuat.

Pada saat inilah seharusnya Anda memanfaatkan layanan pemeliharaan dari jasa tersebut. Dengan begitu aplikasi akan bekerja dengan baik, jika suatu saat mengalami kendala Anda juga tidak kerepotan memperbaikinya sendiri.

4. Mendapatkan Rekomendasi dari Kerabat

Cara lain yang paling mudah adalah menentukan jasa dari rekomendasi teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa tersebut. Adanya rekomendasi mempermudah Anda untuk tahu bahwa kredibilitas jasa tersebut terpercaya.

Baru setelah mendapatkan rekomendasi Anda mengecek portofolio hingga mencari tahu testimoninya di forum online. Banyak informasi yang bisa didapatkan dari jasa tersebut.
Sudah tahu berapa perkiraan harga jasa buat aplikasi murah lengkap sampai dengan faktor yang mempengaruhinya, sekarang Anda tinggal memilih. Mana saja jasa yang direkomendasikan untuk dipilih.

Leave a Comment