Slide 1 - Jasa Pembuatan Aplikasi
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi
Slide 2 - Jasa Pembuatan Website
Digital Oasis Jasa Pembuatan Website
Slide 3 - Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Slide 4 - Jasa Pembuatan Aplikasi Desktop
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Dekstop
previous arrow
next arrow

Home » artikel » Tips Memilih Hosting Terbaik Versi Digital Oasis

Tips Memilih Hosting Terbaik Versi Digital Oasis

4.8/5 - (62 votes)

Masih bingung, bagaimana tips memilih hosting terbaik untuk website Anda? Kali ini kami akan memberikan solusinya. Ya, memilih hosting terbaik untuk website sangatlah penting. Pasalnya, hosting akan menjadi rumah bagi website-mu. Tentunya, kamu ingin website milikmu tinggal di rumah yang nyaman. Ikuti tips memilih hosting terbaik dengan cara di bawah ini!

Pengertian Hosting

Lalu apa itu hosting? Sebelum Anda memilih hosting terbaik untuk website Anda, pertama-tama Anda harus pahami terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan hosting. Hosting memiliki pengertian adalah media untuk menyimpan data, yang meliputi berbagai jenis, mulai dari tulisan, foto, hingga video yang ada pada website Anda.

Makannya, ‘Hosting’ seringkali diibaratkan sebagi rumah dari Website. Karena, segala hal yang ada dalam website atau script dari website itu semuanya tersimpan dalam sesuatu yang disebut hosting. Seperti saat Anda membangun rumah, Anda pastinya ingin menyimpan seluruh perabotan dan benda-benda untuk rumah tersebut di tempat yang kokoh dan aman.

Hal tersebut juga berlaku dengan website. Anda memerlukan hosting yang kokoh untuk bisa menyimpan website dengan aman. Lalu, bagaimanca cara bisa menentukan hosting yang baik untuk website yang kita gunakan? Ada beberapa tips memilih hosting terbaik yang bisa Anda pahami dan coba ikuti. Lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ketahui kebutuhan website Anda

Sebelum memilih hosting, yang paling pertama harus Anda lakukan adalah mengatahui apa saja kebutuhan dari website milik Anda.  Ini berguna untuk menyesuaikan hosting paling cocok dengan website yang Anda buat. Perhatikan point-point penting berikut:

  • Jenis platform yang akan digunakan untuk membuat website
  • Apa saja jenis konten dalam website Anda
  • Kalangan pengunjung website Anda
  • Seberapa sering Anda akan memerlukan backup data
  • Layanan tambahan yang dibutuhkan, misalnya keperluan Addon Domain dan Email Hosting
  • Berapa lama pelayanan website yang akan Anda berikan

Berdasarkan point-point di atas, Anda bisa memahami jika hosting terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Selanjutnya, kami akan jabarkan tips memilih hosting terbaik.

Perhatikan kualitas server

Tahu bagaimana kondisi kualitas server dari hosting yang Anda pilih sangatlah penting. Karena, jika Anda melewatkan hal satu ini bisa jadi hosting yang kamu pilih untuk website ternyata seringkali mengalami hambatan. Contohnya, sulit diakses oleh pelanggan. Ini adalah hal paling sederhana yang harus Anda perhatikan.

Maka dari itu, sebelum memilih hosting, kamu bisa pastikan kualitas server hosting dengan melihat spesifikasi dari teknologi server. Di antaranya meliputi kecepatan prosesor (lihat dari jenis prosesor hingga core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (lihat apa gunakan SSD atau tidak), atau cek juga network speed (jika semakin tinggi maka kecepatannya dipastikan makin baik untuk mengaksesnya).

Jika Anda kurang memahaminya, cobalah cari informasi lengkapnya dengan bertanya pada website layanan hosting tersebut. Seperti dengan langsung menghubungi costumer service-nya.

Baca Juga: 19+ Rekomendasi Pembuatan Aplikasi Terbaik 2023

Carilah Web Hosting yang memberi layanan 24 jam

Ini disebut Custom Support Berkualitas, tentu saja mengunjungi website hosting yang bisa selalu melayani Anda dengan baik juga tips memilih hosting terbaik lainnya yang juga sama pentingnya.  Dengan begitu, setiap kali Anda memerlukan bantuan teknis, idealnya mereka akan selalu membantu Anda.

Tidak hanya selalu ada ketika dihubungi, tetapi juga mampu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi dengan baik. Maka dari itu, keahlian dari pelayanan ini pun penting. Jangan lupa, tetap perhatikan juga kesopanan dan tingkat keramahan yang ditunjukkan oleh costumer service tersebut. 

Layanan hosting yang baik, akan memberikan kemudahan untuk Anda berkomunikasi dengan mereka seperti menyediakan berbagai pilihan berkomunikasi. Mulai dari email, chat, telepon, dan lainnya.

Pastikan dapatkan harga sebanding dengan web hosting yang Anda dapatkan

Tips memilih hosting terbaik selanjutnya adalah dengan memastikan harga yang mereka tawarkan untuk web hosting yang Anda minta memang sesuai. Artinya, jangan sampai layanan hosting tersebut memberikan harga mahal, padahal kualitas hosting yang diberikan lebih rendah dari harga tersebut. Contoh, jika Anda harus membayar hosting sebesar Rp. 70.000 per bulan, itu artinya Anda seharusnya sudah bisa dapatkan paket Unlimited.

Jika Anda menemukan layanan penyedia hosting yang memberikan harga di atas normal, maka baiknya ditinggalkan saja. Pilih layanan penyedia hosting lain yang memberikan harga sesuai namun berkualitas. Anda bisa pilih layanan-layanan penyedia hostinyg yang kredibilitasnya sudah diakui supaya lebih mudah.

Menyediakan garansi uang kembali

Selanjutnya, yang  tips meilih hosting terbaik yang tak kalah penting adalah melihat layanan penyedia hosting yang memberikan jaminan uang kembali. Ini adalah keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan. Karena, artinya penyedia ingin Anda sebagai pelanggan mendapatkan kepuasan setelah memakain hosting dari mereka.

Jika Anda kurang puas dengan layanan yang diberikan atau merasa ada kendala dengan hosting tersebut, maka Anda bisa mengajukan klaim dan uang bisa kembali. Banyak layanan hosting yang sudah menyediakan jaminan ini. Namun, syarat dan ketentuan yang diberikan berbeda-beda. Anda harus pastikan pilih yang memberikan ketentuan yang tidak ribet atau bahkan terkesan menyulitkan. Paling tidak, point yang Anda harus perhatikan dalam jaminan uang kembali antara lain:

  • Jumlah nominal yang akan didapat
  • Proses pengembalian uang seperti apa
  • Waktu yang dibutuhkan dalam proses pengembalian uang

Penyediaan fitur tambahan

Biasanya penyedia hosting memberikan beberap fitur tambahan yang bisa Anda pertimbangkan. Sekarang, bahkan banyak sekali fitur tambahan yang bisa Anda pilih. Ini terkadang membuat Anda bingung, bukan?

Solusinya, Anda bisa pilih fitur yang dirasa paling penting dan berguna untuk website Anda. Misalnya dalam hal menjaga keamanan website.  Untuk itu Anda bisa pilih ApamAssassin Protection dan SpamExperts. Selain itu Anda juga bisa pilih fitur lain yang dbutuhkan website Anda misalnya. Seperti jika ingin bangun website lebih mudah, pilihlan  WebsiteBuilder dan lainnya.

Review Pelanggan

Tips memilih hosting terbaik ini juga bisa dilakukan untuk semakin memperkuat keyakinan Anda memilih layanan hosting tersebut. Supaya terpercaya, kamu bisa pilih membaca review-review dari blog atu forum-forum terpercaya.

Sehingga ulasannya pun lebih bisa diyakini. Karena, pasti ada saja yang mungkin memberikan ulasan terlalu objektif atau hanya memanfaatka keingintahuan Anda hanya untuk meniingkatkan pembaca.

Demikian beberapa tips memilih hosting terbaik yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaaat dan memberikan solusi yang membantu Anda menjadikan website Anda sesuai seperti yang Anda harapkan.

Ingin mengetahui lebih jelas mengenai kebutuhan terbaik untuk website anda? Coba untuk kontak Digital Oasis dengan menggunakan kontak yang ada di sini.

Leave a Comment