Slide 1 - Jasa Pembuatan Aplikasi
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi
Slide 2 - Jasa Pembuatan Website
Digital Oasis Jasa Pembuatan Website
Slide 3 - Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Slide 4 - Jasa Pembuatan Aplikasi Desktop
Digital Oasis Jasa Pembuatan Aplikasi Dekstop
previous arrow
next arrow

Home » artikel » Estimasi Harga Pembuatan Aplikasi Website di Tahun 2022

Estimasi Harga Pembuatan Aplikasi Website di Tahun 2022

4.6/5 - (52 votes)

Saat ini, hampir semua pebisnis memanfaatkan teknologi sebagai cara memperkenalkan dan mengembangkan usahanya. Salah satu media yang kerap dipilih yaitu aplikasi website atau web app. Jika Anda juga tertarik mengaplikasikannya pada usaha, maka harus tahu perkiraan harga jasa pembuatan aplikasi website.

Saat ini ada banyak penyedia jasa pembuatan web app. Justru yang sulit adalah membuat estimasi harga atas pembuatannya. Sementara poin tersebut yang selalu menjadi pertanyaan dari klien yang ingin membuat aplikasi berbasis website bagi usaha mereka. Supaya bisa membuat estimasi anggaran, tiga hal ini yang jadi pertimbangan.

Tiga Faktor Inti yang Berpengaruh Pada Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Website

tiga faktor inti pengaruhi harga jasa aplikasi web

Pada dasarnya, harga jasa pembuatan aplikasi website tidak akan bisa diberikan secara akurat di awal. Itulah mengapa, para profesional penyedia jasa ini akan memberikan estimasi kasar saja kepada kliennya. Nah, dalam membuat perhitungan kasar anggaran tersebut, ada tiga faktor inti yang menjadi bahan pertimbangannya.

Dengan memahami tiga faktor ini, setidaknya Anda bisa mendapat perkiraan nominal biaya pembuatan web app, sekaligus bisa mematangkan rencana pembuatan aplikasi tersebut sesuai anggaran. Jadi, apa saja faktor yang dimaksud? Berikut ini penjelasannya!

1. Tingkat Kerumitan

Faktor pertama ialah kompleksitas atau tingkat kerumitan dari aplikasi berbasis website yang ingin Anda buat. Versi dasar atau paling sederhana, biasanya hanya membutuhkan satu orang yang akan mengelola dan juga tidak ada fitur pembayaran atau integrasi. Biaya pembuatannya tentu tidak terlalu mahal, tetapi hasilnya kurang optimal.

Saat ini aplikasi berbasis website dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi customer atau pengguna aplikasi dalam mengenal perusahaan, produk, serta bertransaksi. Selain itu masih banyak lagi fitur pendukung lainnya yang mengikuti perkembangan.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, otomatis tingkat kerumitan pembuatan aplikasi website juga makin tinggi. Artinya, biaya yang harus Anda keluarkan juga akan lebih besar. Namun, hasil aplikasi website yang dibuat secara profesional dan tepat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda.

Beberapa contoh fitur yang mempertinggi kompleksitas web app, tetapi banyak diaplikasikan oleh pebisnis di antaranya seperti:

  • Fitur manajemen operasional. Sebuah fitur yang menghadirkan panel admin serta akses analisis juga statistik
  • Fitur e-Niaga. Di mana pengguna plikasi Anda bisa melakukan pembayaran juga penarikan dana karena menjadi customer ataupun merchant di dalamnya.
  • Fitur interaksi, baik berupa pesan online, review, serta sistem peringkat bagi performa aplikasi

2. Tarif Per Jam

Selanjutnya, yang juga memegang pengaruh besar pada harga jasa pembuatan aplikasi website adalah tarif per jam untuk setiap divisi dalam tim. Tim application developer yang Anda gunakan jasanya, akan mengalokasikan dana anggaran yang Anda bayarkan kepada beberapa spesiali yang membantu pengembangan web app tersebut, seperti:

  • Manajer
  • Spesialis QA tester
  • Front-end engineer
  • dan Back-end engineer

Pada umumnya, kita akan berpikir dengan semakin banyaknya personil di dalam sebuah tim, maka pengerjaan akan lebih cepat dan otomatis biaya bisa lebih hemat. Namun, untuk pengembangan aplikasi website ini, terdapat alur pengerjaan yang tidak bisa dipangkas dengan cara dikerjakan bersamaan.

Artinya, jangan karena ingin menghemat anggaran dan berasumsi jika banyak personil pengerjaannya lebih cepat lantas Anda mengeluarkan budget yang terlalu besar hanya untuk tarif para spesialis. Pahami alurnya, tugas tiap spesialis dan kemungkinan tenggat waktu penyelesaian, baru buat estimasi biaya berdasarkan tarif per jam.

3. Biaya Tambahan Pasca Aplikasi Rilis

Aplikasi website selesai dibuat, bukan berarti semua selesai sampai di situ. Anda masih harus memikirkan tentang pemeliharaan yang pastinya juga memerlukan biaya. Inilah yang disebut dengan biaya tambahan pasca rilis. Fungsinya, sebagai antisipasi ketika harus dilakukan perbaikan bug maupun infrastruktur.

Biaya untuk perbaikan bug sendiri, umumnya berkisar antara 10-25% dari biaya pengembangan aplikasi tersebut. Sementara untuk biaya infrastruktur, yang meliputi hosting mulai 5-500 ribu, dan domain dari 20 ribu-500 juta tergantung kapasitas server dan fiturnya.

Dengan memahami ketiga faktor di atas, harapannya Anda bisa mematangkan rencana atau konsep dari web app yang akan dibuat bersama tim penyedia jasa. Dengan begitu, anggaran untuk pembuatan sekaligus pengembangan aplikasi berbasis website tersebut bisa diestimasikan meski sekadar perhitungan kasar.

Akan lebih mudah membuat penyesuaian budget dengan harga jasa pembuatan aplikasi website, jika Anda bisa mengkomunikasikan konsep aplikasi dengan tim pengembang sekaligus mempertimbangkan tiga faktor inti di atas.

Perkiraan Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Website Berdasarkan Level Penyedia Jasa

perkiraan harga harga pembuatan aplikasi web

Selain memahami tiga faktor utama yang bisa memengaruhi tinggi-rendahnya biaya pembuatan web app, Anda juga harus tahu klasifikasi penyedia jasa berikut dengan kisaran tarifnya. Berikut ini sedikit penjelasan tentang tipe atau level penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis website dan tarif yang dikenakan untuk tiap proyeknya.

1. Istimewa

Penyedia jasa pembuatan dan pengembangan aplikasi yang termasuk dalam level atau kelas ini umumnya sudah beroperasi sejak lama. Kantornya terbilang mewah, dan memiliki track record pengerjaan proyek untuk klien eksklusif dengan nominal pembayaran yang fantastis.
Perusahaan jasa di kelas ini menjadi spesialis pembangun produk berkualitas tinggi. Proyek kelas dasar mereka, setidaknya masih senilai 100 jutaan. Sedangkan aplikasi super custom bernilai 200-500 jutaan. Tidak heran jika para spesialis mereka menerima sampai delapan digit tiap bulannya.

Baca Juga: Harga Pembuatan Aplikasi Mobile

2. Menengah

Skala perusahaannya sedikit lebih kecil dari level istimewa. Di mana terdapat setidaknya antara 10-100 orang personil di dalamnya. Perusahaan kelas menengah umumnya terorganisir, gesit, dan bisa membuat proses pengembangan tetap maksimal dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas kode secara menyeluruh.

Jenis perusahaan ini amat ideal dijadikan mitra jangka pendek. Jika terbukti berpengalaman, kualitas kode yang dihasilkan bagus, menjaga standar etika terkait pemilik dan manajemen senior, dan memiliki banyak keterampilan lain, Anda bisa menjadikannya mitra jangka panjang. Tarifnya juga maksimum di angka puluhan juta.

3. Kecil

Selanjutnya ialah penyedia jasa skala kecil atau yang juga sering disebut sebagai perusahaan ‘butik’. Di mana di dalamnya hanya terdiri dari 2-3 personil, sudah termasuk dengan pemilik atau mitranya. Harga jasa pembuatan aplikasi website yang dikenakan terbilang amat murah. Tarif untuk pengembangan per hari berkisar 100 ribuan.

Jenis perusahaan penyedia jasa ini cocok bagi usaha UMKM ataupun kickstarter. Sangat tidak disarankan bagi proyek berskala besar, kecuali mereka memiliki manajemen yang kuat dan juga organisasi yang tepat.

4. Independen

Terakhir yaitu penyedia jasa yang sifatnya independen. Di mana seorang developer memilih hengkang dari perusahaan dan membuka jasa sendiri berbekal pengetahuan, kemampuan prfesional, pengalamannya.

Harga yang dipatok untuk jasa yang diberikan berkisar di angka 100-800 ribu per jam. Perhitungan tersebut didasarkan pada tingkat kemampuan, serta portofolionya, ditambah biaya hidup, biaya belanja, pajak, dan lain sebagainya.

Namun Anda harus waspada dalam memilih penyedia jasa independen ini. Jangan asal pilih jika tidak ingin biaya pembuatan aplikasi membengkak. Ada beberapa hal yang harus Anda pastikan, seperti misalnya:

  • Berapa lama mereka menjadi pekerja lepas. Semakin lama jam terbangnya, kemungkinan besar profesionalitasnya makin bagus
  • Profesi ini menjadi pekerjaan utama atau sampingan, jika sampingan ada kemungkinan masa penyelesaian proyek bisa lebih lama. Jika tarif dihitung per jam, tentu biaya akan membengkak apabila mereka bekerja sendiri dan lama
  • Sebagai pekerja freelance, mereka tentu terbatas dalam sumber daya manusia. Artinya tidak cocok untuk proyek skala besar. Namun bisa Anda pertimbangkan untuk bergabung menjadi personil tambahan dalam tim internal perusahaan Anda dan bekerja secara remote

Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Website Berdasarkan Jenis Proyek

Jika di atas kita telah membahas tarif penyedia jasa berdasarkan kelasnya, kini saatnya Anda tahu kisaran harga jasa pembuatan aplikasi website berdasarkan jenis proyek atau detail web app yang Anda mau. Ada tiga klasifikasi, yaitu:

1. Proyek Web App Sederhana atau Dasar

Pertama adalah jenis proyek aplikasi berbasis website yang sederhana atau dasar. Biasanya tampilan dan fiturnya cenderung statis, tidak jauh berbeda dengan website. Tidak ada fitur khusus yang membuatnya rumit. Kisaran harga untuk jenis proyek seperti ini berada di angka 70 jutaan. Namun tergantung penyedia jasa masing-masing.

2. Proyek Aplikasi Website dengan Kerumitan Sedang

Ciri-ciri dari jenis proyek yang satu ini biasanya yaitu informasi yang disajikan cenderung statis. Namun sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang fungsional dan juga API. Tidak jarang juga yang sudah terintegrasi dengan pihak ketiga.

Sedikit lebih rumit dari aplikasi sederhana, tetapi tingkat kerumitannya masih terbilang sedang. Harga jasa untuk membuat web app seperti ini biasanya mulai dari 130 jutaan. Sekali lagi tergantung pada kebijakan masing-masing penyedia jasa dan fitur seperti apa yang ingin Anda sematkan.

3. Proyek Aplikasi Berbasi Website dengan Tingkat Kerumitan Tinggi

Terakhir yaitu web app yang memiliki tingkat kerumitan tinggi atau sangat kompleks. Biasanya, aplikasi yang termasuk dalam klasifikasi sangat komplek mengusung semua fitur yang ada dalam aplikasi kerumitan sedang. Di samping itu, masih ditambah lagi dengan fitur high user load, aktivitas multi pengguna, dan juga statistik khusus.

Dengan berbagai fitur dan fungsional yang disematkan, tidak heran jika pembuatannya sangat rumit. Selain itu juga perlu adanya uji coba beberapa kali untuk memastikan semua fitur berfungsi sebagaimana mestinya. Masa penyelesaiannya pun tentu tidak bisa dalam waktu singkat. Itulah mengapa harga untuk jenis proyek ini cukup mahal.

Anda harus menyiapkan anggaran sekitar 170 jutaan ke atas untuk memperoleh aplikasi berbasis website dengan kompleksitas tinggi. Meskipun mahal, hasil atau manfaat yang diberikan tentu sepadan. Dengan berbagai fitur yang ada, Anda bisa menciptakan interaksi dengan pengguna aplikasi dengan lebih baik.

Jenis aplikasi seperti ini biasanya digunakan pada produk-produk besar dan ternama. Mereka ingin membangun customer relationship untuk mengikat para customer loyal sekaligus menggaet pengguna baru.

Itulah beberapa estimasi kasar harga jasa pembuatan aplikasi website berdasarkan pada berbagai faktor. Anda bisa menjadikannya acuan atau referensi sebelum memutuskan untuk membuat aplikasi berbasis website. Dengan begitu, anggaran bisa disiapkan dengan baik dan aplikasi yang dihasilkan juga sesuai harapan.

Leave a Comment